Rabu, 08 April 2009

Belajar ADC 8 Bit 0804

ADC0804 adalah ADC 8 bit SAR CMOS yang menggunakan potensiometrik ladder 256R. ADC ini didisain untuk menyesuaikan dengan operasi data output TRI-STATE yang dihubungkan langsung ke data bus. ADC ini dapat dihubungkan langsung seperti memori dan port IO dari mikroprosesor tanpa perlu rangkaian interfacing. Input tegangan analog diferensial yang dididisain dapat menaikkan nilai CMRR dan untuk meng-offset input ZERO. Selain itu tegangan referensi input dapat diatur untuk menyesuaikan dengan tegangan input yang lebih kecil sehingga resolusi 8 bit nya dapat digunakan semua.
Spesifikasi :
• Mudah di-interface-kan dengan semua mikroprosesor
• Input berupa tegangan analog diferensial
• Input dan output mempunyai level TTL
• Tegangan referensi 2.5 volt
• Generator clock on chip
• Tegangan input 0 – 5 volt dengan catu daya tunggal
• Tidak memerlukan zero adjust
• Resolusi 8 bit
• Error total +/-1 LSB
• Waktu konversi 100 us

Aplikasi umum :
 Aplikasi ADC0804 dengan mikroprosesor, dimana data dari ADC bisa terhubung langsung ke data bus mikroprosesor, sedangkan sinyal kontrolnya terhubung ke decoding address nya.



Aplikasi umum ADC0804
Cara Kerja ADC:
Konverter ADC 0804 adalah sebuah konverter analog ke digital 8-bit yang mudah diperantarakan (interfaced) dengan mikroprosesor 8080 atau 8085 atau jenis lain. Komponen ini menggunakan aproksimasi berturut-turut untuk mengkonversi masukan analog dalam jangka tertentu menjadi data digital 8-bit yang ekivalen. ADC 0804 mempunyai pembangkit pulsa internal dengan sedikit tambahan komponen eksternal, membutuhkan catu tegangan sebesar +5V, dan mempunyai waktu konversi optimum sekitar 100 mikro detik. 
Tegangan input maksimum yang dapat dikonversikan bergantung pada seberapa besar tegangan pada pin Vref/2 dengan tegangan absolut maksimum sebesar 18V (dari data sheet). Pada skema rangkaian pin Vref/2 diberi tegangan sebesar 2,55 V yang berarti data digital FF pada output bersesuaian dengan data analog input sebesar 5.10 V. Resolusi dari ADC ini adalah 20 mV
Untuk satu kali proses konversi, CS (Chip Select) terlebih dahulu harus diaktifkan, pada skema, CS selalu aktif dengan menghubungkannya pada ground. Start of Convertion dilakukan dengan memberi logika HIGH - LOW - HIGH pada pin WR dan RD harus tetap HIGH. INTR secara langsung menuju ke logika HIGH jika sebelumnya berlevel LOW. Begitu data telah siap pada output latch, INTR menuju ke level rendah sebagai pertanda bahwa data telah siap.
Pengambilan data dilakukan pertama kali dengan mengaktifkan CS yang kemudian diikuti dengan memberi level HIGH - LOW pada pin RD (read). Kita tunggu sinyal INTR sampai HIGH. Jika INTR sudah HIGH, maka data telah siap pada pin-pin output digital dan kita ambil data tersebut. Setelah data diambil, sinyal RD diberi level HIGH, data kembali ke high impedance.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar